Membuat hotspot sendiri dari laptop menggunakan Comand Prompt

 Pernahkah anda berada disebuah tempat yang menyediakan Wifi terbuka (menggunakan mikrotik) tetapi bayar untuk yang harus login dengan cara meminta ke petugas seperti Wifi Id? Terkadang memang menyebalkan ketika wifi tersebut ingin digunakan untuk laptop dan smartphone secara bersamaan dengan 1 kali pembelian. Tetapi sekarang sudah bisa menggunakan  1 kali beli bisa digunakan ke 2 perangkat sekaligus atau bahkan lebih dengan kecepatan yang sama yang ada ditempat tersebut.

Ada banyak aplikasi yang bisa berbagi hotspot melalui aplikasi yang tersedia dengan banyak tetapi berbayar dan bayarannya pun cukup mahal untuk mendapat fungsi aplikasi yang lengkap. Untuk windows 10 sudah terdapat pembagian hotspot jika anda menggunakan Ethernet (menggunakan Kabel) atau hotspot yang terkunci (bisa wifi rumah atau dari smartphone)untuk melihat caranya silahkan Kunjungi Artikel MEMBUAT HOTSPOT SENDIRI PADA WINDOWS 10 DAN 11

tetapi mimin akan berbagi cara tanpa aplikasi tambahan atau alat tambahan yang hanya menggunakan Command Prompt saja dan cara ini bisa dipakai dari windows XP/ Vista/7/ 8/8.1/10/11, bahkan mungkin juga windows yang akan datang (kalau tidak ada perubahan besar besaran). jikalaupun terdapat kesalahan dan membutuhkan program mimin akan berbagi di tulisan selanjutnya dengan menggunakan program asli microsoft tenang saja aplikasi ini tidak mempengaruhi serial number windows bajakannya hehehe (kecuali jika ada update terbaru dari microsoft) Silahkan Klik disini jika ada kendala.

Berikut caranya

1.     Buka Command Prompt/CMD sebagai administrator (Klik Kanan Run Administratrator)

2.     Untuk mengecek laptop anda bisa atau tidak sharing Hotspot ketikkan “NETSH WLAN show drivers

3.     Jika sudah muncul banyak keterangan silahkan cari kata “Hosted network supported” jika Yes berarti Laptop anda bisa dipakai untuk sharing internet, jika No berarti laptop anda tidak support untuk sharing Wifi 

4.     Jika laptop anda bisa sharing selanjutnya ketikkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NETWORKNAME key=PASSWORD keyUsage=persistent” ganti nama NETWORKNAME dengan nama sesuai keinginan anda, dan password sesuai keinginan anda, dan key usage persisten berarti password permanent jika anda menyalakan hotspot laptop, jika ingin mengganti nama dan password silahkan bisa diganti, jika persistent menggunakan Temporary berarti password hanya untuk sementara sajadan harus dibuat setiap kali menyalakan hotspot

5.     Kemudian selanjutnya buka “control panel

6.     Klik pada network “sharing center” lalu klik kiri nama wifi yang tersedia akan muncul wifi status.

7.     Kemudian klik “properties” dan klik “sharing” pada tab dan berikan centang pada kotak pertama.

8.     Kemudian terdapat pilihan pada home networking connection bisa dipilih menggunakan ehternet jika berbagi dengan kabel lan, atau bisa menggunakan “local area connection* 11” untuk hotspot, untuk angka 11 setiap laptop dan saat menyalakan hotspot ada kemungkinan berbeda dan terkadang berubah ketika hotspot dinyalakan dan diharapkan memperhatikan koneksi internetnya .

9.     Kembali ke CMD/ Command prompt, ketikkan netsh wlan start hostednetwork"

10. Dan untuk menghentikan ketikkan “netsh wlan stop hostednetwork”.

11. Saat kembali ke CMD bisa menutup Control panel.

12. Untuk selanjutnya jika tidak mengalami perubahan nama dan password hanya tinggal mengulangi cara ke 9 dan 10, tetapi jika ingin mengganti nama dan atau password harus mengulangi tahap 4, 9 dan tahap 10 ( untuk mematikan hotspot).

Terkadang setiap laptop yang baru saja di Instal ulang akan mengalami Error dengan Muncul Kalimat “the hosted network couldn’t be started” pada windows biasanya terdapat 2 kesalahan:

1.     Kesalahan Settingan (Klik Saja)

2.     Tidak ada Aplikasi “MSRMesh-VirtualWIFI.MSI” (Klik Saja)

Jika ingin mengatasinya silahkan klik pada link diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar